Skip to content

benisatryo

next issue : cold war!

mahasiswa pada masa sekarang ini seperti sedang kehilangan musuh yang jelas. Kehilangan dalam arti, mereka tidak bisa menerka siapa atau apa yang seharusnya dilawan. Bila melihat sejarah panjang bangsa kita ini, tidak bisa dilepaskan begitu saja dari peran serta mahasiswa didalamnya. Tahun 1908, 1928, 1945, 1966, 1978, dan 1998 merupakan jaman dimana mahasiswa berperan penting dalam perubahan bangsa ini. Mahasiswa menjadi produktif (pada jaman itu) dikarenakan mereka paham benar siapa musuh mereka. Jaman pra-kemerdekaan mereka berperang melawan kolonialisme dan berjuang mati-matian untuk kemerdekaan Indonesia, dan pasca kemerdekaan mereka berjibaku didepan garis revolusi untuk menggulingkan dua rezim yakni orde lama dan orde baru.

Bandingkan dengan kehidupan mahasiswa sekarang yang sudah terlalu malas untuk membicarakan kondisi sosial dan perpolitikan nasional. Mahasiswa sekarang cenderung lebih praktis dan kurang peka terhadap gejala-gejala yang muncul yang disebabkan oleh keadaan bangsa yang sedang labil ini. Ini dikarenakan mereka lebih berorientasi pada dunia kerja dan mempersiapkan masa depannya masing-masing. Memang hal tersebut tidak bisa serta merta disalahkan, namun alangkah baiknya apabila mahasiswa tersebut tetap peduli terhadap masalah bangsa disamping mempersiapkan masa depannya. Apabila mahasiswa terpaku pada orientasi dunia kerja maka yang terjadi adalah bangsa ini (suatu hari) akan dipimpin oleh generasi yang miskin nilai dan tidak peka terhadap rakyatnya.

Mahasiswa harusnya berpikir ulang, mereka ada diposisi seperti apa. Disisi lain mahasiswa adalah sebagai generasi penerus yang akan membawa bangsa ini kearah yang lebih mapan, namun disisi lain mereka adalah rakyat biasa yang diberi anugrah untuk memahami gelagat-gelagat pemerintah. Mereka harus bisa membaca semua peristiwa, memahami setiap gejala, dan memaksimalkan potensi yang ada, untuk bangsa Indonesia. Apabila mahasiswa sudah memahami siapa musuh mereka sebenarnya, maka tidak ada lagi aksi lempar-lemparan batu sesama mahasiswa dan berperang dengan kawan sendiri.

Lalu, siapa musuh mahasiswa sekarang ini ??

%d bloggers like this: