Skip to content

benisatryo

next issue : cold war!

sebuah misteri, ketika kamu menjadi serakah
atas sesuatu yang telah kamu sepakati
kamu berpikir, kamu harus mendapatkan lebih
dari apa  yang kamu butuhkan, sampai ketika kamu mendapat segalanya
kamu tidak akan pernah bisa terbebas dan merdeka

bila kamu menginginkan lebih dari yang kamu punya
yang kamu kira, sangat kamu butuhkan
maka pikiranmu mulai sakit dan berdarah

aku rasa aku harus menemukan tempat yang lebih besar
karena, ketika kamu mendapatkan lebih dari yang kamu kira
kamu butuh tempat yang lebih luas

masyarakat, kamu adalah jenis yang gila dan menggelikan
aku harap, kamu tidak merasa kesepian tanpaku

masyarakat, kamu benar-benar gila dan menggelikan
aku harap, kamu tidak merasa kesepian tanpaku

masyarakat, kamu telah bermurah hati kepadaku
aku harap, kamu tidak berang ketika aku tidak sepakat denganmu

Terjemahan dari “Society” karya Eddie Vedder (OST. Into The Wild)

lirik lagu diatas adalah salah satu dari beberapa lagu yang digarap oleh Eddie Vedder (Pearl Jam) sebagai original soundtrack “Into The Wild” garapan sutradara Sean Penn. dalam album ini, Eddie Vedder memperoleh penghargaan sebagai Best Song Written pada ajang Grammy Award tahun lalu.

lagu tersebut memuat sebuah kritik terhadap masyarakat modern, yang penuh dengan kepalsuan. keterikatan yang terjalin, hanya sebuah topeng, untuk mencapai kepuasan individu. sebuah cermin masyarakat yang egois dan serakah, ketika hidup hanya dijalani untuk memperbesar materi dan melupakan nilai-nilai eksistensial dari manusia itu sendiri. manusia menjadi sebuah robot bernyawa, yang mengabdi pada pekerjaan, jabatan, dan uang. namun, pada kenyataannya mereka sama sekali tidak bahagia.

film ini bercerita tentang bagaimana Christopher Johnson McCandles yang akhirnya melepaskan diri dari sistem sosial, yakni masyarakat. dia merasa tidak bahagia terhadap sistem tersebut, sehingga melakukan sebuah pemberontakan, yaitu mengasingkan diri dan menjebakkan dirinya di alam buas. pada akhirnya, dia menemukan sebuah kebenaran, yakni kebahagiaan hanya nyata, apabila dibagi.

aksi yang cenderung berlebihan ini, adalah sebuah reaksi dari ketidakpuasan McCandles terhadap sikap kedua orang tuanya, khususnya perilaku sang ayah. McCandles hidup ditengah-tengah keluarga yang sedang tidak baik-baik saja. setiap hari, selalu saja ada pertengkaran diantara ayah dan ibunya. puncaknya, ketika McCandles lulus SMU dan mendapat kesempatan untuk kuliah hukum di Harvard, dia malah memilih untuk mengasingkan diri. dia memilih untuk meninggalkan semua kehidupan yang dianggapnya palsu itu, dan memilih untuk berkelana.

%d bloggers like this: