Skip to content

benisatryo

next issue : cold war!

Saya mencoba berbagi kepada kawan-kawan, khususnya OI dan Falsmania. Album ini, menurut saya adalah salah satu album terbaik yang pernah digarap oleh Iwan Fals.  Menurut saya, Iwan Fals mulai beranjak “dewasa” pada kurun waktu 90’an, setelah Setiawan Jodi mengajaknya bergabung dalam proyek “Mata Dewa” pada tahun 1989. Maksudnya, kedewasaan Iwan Fals lebih terlihat ketika beliau menyampaikan kritik dalam lagu-lagunya pada tahun-tahun demikian. Ketika Iwan Fals berdiri sendiri sebagai penyanyi, dari album pertamanya 3 Bulan (1981) sampai 1910 (1988), kritiknya cenderung nakal dan liar. Mulai tahun 1989, lewat album Mata Dewa, kritik yang sebelumnya hanya menjadi suara akar rumput, seolah-olah diteruskan menjadi kritik yang lebih elegan dan bernilai politis.

Ibaratnya, sebelum bertemu Setiawan Jodi, Iwan Fals hanyalah seorang demonstran yang kerjanya menggerutu dan terbakar sendiri oleh protes terpendamnya, setelah berkolaborasi dengan Setiawan Jodi, Iwan Fals menjadi seorang anggota dewan. Itu pendapat saya. Coba bandingkan lagu Ambulance Zig-zag, Celoteh Camar Tolol, Sumbang, Tikus Kantor, Wakil Rakyat, dengan Bento, Kesaksian, Proyek 13, Bongkar, Badut, dll. Tentu kita semua bisa melihat perbedaannya, meskipun sangat samar.

Nah, dalam album Hijau ini Iwan Fals mengangkat tema Lingkungan, yang sampai saat ini masih relevan untuk diperbincangkan. Ada 7 buah lagu yang semua judulnya adalah Lagu 1, Lagu 2, Lagu 3, dst.. Saya sangat suka, sehingga saya hunting kaset ini, dan akhirnya nemu di Jatinegara, tepatnya di daerah Kebon Pala dengan harga 40.000, di sebuah toko kaset lama. Kenapa saya suka, ya karena saya suka Iwan Fals, tidak ada alasan! haha.. Kemudian saya mencari cara untuk memasukan album tersebut ke komputer, sehingga bisa saya dengarkan melalui format mp3, rupanya susah. Namun, rupanya album tersebut bisa diunduh secara gratis di 4shared.com. Maka, ya saya download aja, daripada repot.

Untuk teman-teman yang tertarik, klik link ini untuk mendownload album tersebut (Hijau-1992). Link tersebut saya dapat dari kawan musthpargoblog.blogspot.com, disana tersedia lapak album-album Iwan Fals yang sangat lengkap. Silahkan disedot.

OI Bersatulah!

oOo

span.jajahWrapper { font-size:1em; color:#B11196; text-decoration:underline; } a.jajahLink { color:#000000; text-decoration:none; } span.jajahInLink:hover { background-color:#B11196; }

%d bloggers like this: